RSS
Hello! Welcome to this blog. here we gift you an entertainment topics. hope you like it.

Alat Komunikasi sederhana yg terlupakan. [Pager]


Pager

Pager merupakan salah satu alat telekomunikasi yang dulu pernah sangat booming. Alat telekomunikasi adalah sebuah alat elektronik yang memungkinkan menyampaikan informasi dan pesan dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan jarak yang terkadang tergolong cukup jauh. Dan pager tentu mampu melakukan hal tersebut,walaupun dalam realitanya ketika berkomunikasi dengan menggunakan pager kita tidak bias menerrima feed back secara langsung dan cepat.

Sebagai alat komunikasi yang dulu pernah sempat diidola idolakan pada tahun 1990-an ,termasuk di Indonesia. Bahkan dulu sempat dijadikan sebuah lirik lagu “ tit…. Tit… tit….pager ku berbunyi…….”, tidak ada salahnya jika kita mengetahui seluk beluk tentang teknologi pager itu sendiri, karena saya rasa tidak semua orang tahu bagaimana munculnya pager itu sendiri, lalu bagaimana perkembangannya, cara kerjanya, bagaimana protokolnya, hingga bagaimana pager pada masa abad 21 yang lebih modern ini.

Menurut saya , karena dewasa ini pager khususnya jarang sekali ditemukan pemakainya ( mengindikasikan tidak lagi diminati ), mungkin hal ini yang membuat sebagian orang enggan mencari informasi tentang pager itu sendiri, untuk itu dalam materi yang saya susun ini saya menyusun sebuah materi yang memuat seluk beluk pager, sebagai tambahan pengetahuan bagi rekan-rekan .

Tujuan



Diharapkan dengan disusunnya materi tentang pager ini dapat memberikan informasi kepada khalayak luas mengenai telekomunikasi pager itu sendiri , mulai dari sejarahnya, cara kerjanya, protokolnya, kenapa pager yang dulu sempat booming ternyata akhir akhir ini khususnya di Indonesia terus merosot atau kurang diminati lagi oleh masyarakat, hingga bagaimana perkembangan pager pada abad 21 ini,

Sejarah Perkembangan Pager


Menurut sumber dari WIKIPEDIA bahwa Pager ditemukan oleh Multitone Electronik pada TAHUN 1956 di St Thomas’ Hospital, London.

Tetapi ada yang menyatakan bahwa Terobosan tentang pager muncul pada tahun 1949 , saat di adopsinya two- ways radios menjadi one- way cordless remote telephonic signaling, ini juga dianggap penemuan pertama dari telephone pager System, penemuan ini digunakan untuk dunia kedokteran, tetapi hambatan terjadi karena adanya beberapa dokter dan paramedic, yang khawatir system pager ini dapat menimbulkan rasa kesal dan tidak nyaman pada pasien. Penemuan ini terjadi di New York. Teknologi one way radio signaling ,yang sama juga digunakan pada orang yang bertugas membuka pintu garasi.

Namun, lebih jauh lagi ada sumber informasi lain yang menyebutkan bahwa Pada tahun 1921, pager telah dikenal dan digunakan oleh kepolisian detroit di Amerika untuk keperluan pemanggilan yang darurat. Pager pada saat itu lebih dikenal dengan sebutan ‘beeper’.

Istilah Beeper yang kemudian menjadi ‘pager’ ,mulai dikenal sejak tahun 1959, sejak Motorola membuat produk berupa alat penerima pesan yang kecil dan portable hingga mudah dibawa oleh pemiliknya yang tidak lain adalah pager

Memang Tujuan awal mulanya pager ini berfungsi untuk memberikan panggilan kepada Dokter di Rumah Sakit, ketika ada keadaan gawat darurat. Sejak saat itu pager mulai dikembangkan dalam bentuk yang diusahakan lebih baik dan lebih sophiscation. Dengan pager ini jutaan pesan di sampaikan kepada orang yang memiliki pager dari orang yang menyampaikan pesan, dengan konsep komunikasi pesan yang bisa dipercaya.

Pada tahun 1980-an alat komunikasi pribadi yang dianggap canggih adalah radio panggil (pager) ini. Di Indonesia sendiri pager baru dikenal pada awal tahun 1990-an

Di dunia pager ada dua perbedaan kategori system operasi pager. Dimana salah satunya ialah One – site paging System yang digunakan di rumah sakit untuk menyakinkan beberapa informasi penting yang darurat, pager kategori system ini di temukan pada tahun 1956, dan merupakan jenis pager yang pertamakali ditemukan. Sedangkan tipe pager yang lainnya atau tipe pager yang kedua adalah Wide Area Paging. Wide Area Paging ini, menawarkan features yang hampir sama dengan pager bertipe One –Site Paging, tetapi Wide Area Paging ini menjangkau sebuah kota atau wilayah atau Negara, yang jelas jangkauannya lebih luas daripada jangkauan pager yang dipergunakan pada rumah sakit.

Sebuah wide area paging service processing method untuk radio paging system dihubungkan ke public switched telephone network dan memiliki sebuah paging sistem yang mampu menstramisikan data sebuah radio paging signal. wide area paging service processing method meliputi tahapan : permintaan sebuah wide area call processor, yang menyatakan paging sistem untuk process a wide area call , saat sebuah panggilan diterima ke paging system , walaupun public telephone network dimatikan; membaca sebuah data base seorang korespondensi pelanggan mengemas informasi wide area paging message , saat wide area call process diminta; kemasan informasi the wide area paging message dikirim sebuah sinyal pesan pada accordance dengan sebuah kelas wide area service untuk sebuah korrespondensi area paging system selesai mentransfer sebuah bagian pesan; and penampilan dari wide area radio call untuk corresponding pager subscriber, setelah pesan wide area paging diterima pada corresponding area paging system and kemudian sebuah frekuensi panggilan, yang seharusnya disinkrontkan oleh pada perpindahan area oleh panggilan pelanggan.

Dulu pengoperasian pager bergantung pada frekuensi radio AM, kemudian pager berpindah pada frekuensi FM hingga bentuk komunikasi ini menjadi ada dimana-mana, dan menunjukkan perkembangannya. Pada kasus yang sama, sebelumnya ditemukannya system telephone selular, pager digunakan sebagai pengganti untuk pelayanan telephone local dan internasional yang lebih murah, dibandingkan menggunakan telephone selular secara langsung.

Sebagai sedikit tambahan pager Motorolla Alphanumeric digunakan di Brazil pad atahun 1990 an, pager ini di operasikan oleh teletrim.

Layanan pager ini menawarkan kepada pelanggannya sejumlah jenis rencana rencana dan pilihan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan jenis alat atau pager yang digunakan. Pada umumnya, semua pager diberikan nomor telephone yang unik, saat alphanumeric pagers diberikan sebuah alamat email, biasanya terdiri atau terdapat nomor telephone.

Pada sebuah tanda nomor panggilan nomor, sekelompok panggilan ditangkap sebuah sejenis greeting asking the caller untuk memasuki sebuah pesan dan terkadang memberikan penelphone sebuah pilihan untuk meninggalkan voice mail. Biasanya , dalam beberapa menit, paged person akan menerima sebauh tanda dari pager dengan nomor telephone untuk kembali menelphone dan atau sebuah kode pager. Pada kasus email paging, akan ditunjukkan tampilan teks.

Berikut ini adalah beberapa jenis pager :

* Numeric pagers jenis pager sedarhana yang menawarkan hanya sebuah tampilan numeric dari nomor telephone yang untuk dipanggil dan kode pager.


* Alphanumeric pagers adalah esensi versi modifikasi dari versi numeric pager dengantampilan yang sophisticated untuk mengakomodasi teks. Alat ini biasanya memberikan sebuah alamat email untuk menerima tex pesan


*Two-way Alphanumeric pagers adalah alphanumeric pager dengan kemampuan untuk mengirim tipe pesan text dengan keyboard yang kecil.


 Cara Kerja Pager Seacara Sederhana

Berikut ini cara kerja penggunaan pager:,
Pesan yang dikirim oleh pengirim yang melalui provider service pager yang ditujukan pada ID atau nomor pager tertentu, adapun urutan secara sistematis ( pada umumnya ) mengenai pengiriman pesan melalui provider service pager ialah :



1) hubungi operator pager tersebut dari telfon rumah (biasanya nomer operator ada di belakang pager tersebut.)

2) Setelah terhubung dengan operator, operator akan meminta Id dari pager yang akan di tuju.

3)Kemudian pihak yang akan menyampaikan pesan ke pager tujuan membacakan pesan yang akan di kirim.

4)Lalu sebelum operator mengirim pesan ke pager tujuan, operator akan mengulangi pesan yang telah anda sampaikan.

5)Terakhir pesan terkirim ke pager tujuan



Setelah pesan telah diterima oleh penerima pesan maka alarm atau tanda berbentuk getar akan berbunyi atau bergetar dan pesan tersebut akan tampil di layar LCD yang terdapat dalam pesawat pager. Pesan dapat diterima selama masih dalam service area dari provider yang bersangkutan.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 The Entertainer. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Blogger Templates by Miss Dothy