RSS
Hello! Welcome to this blog. here we gift you an entertainment topics. hope you like it.

Tidak Lama lagi CDMA Bisa Dibawa dan Dipakai Diluar Kota!!!


Saat sekarang ini CDMA bisa dianggap sebagai anak tiri di dunia operator selluler.  Ke depannya akan ada wacana pemberlakuan satu lisensi untuk CDMA sehingga nantinya CDMA dengan lisensi FWA seperti Telkom dengan Flexi, Mobile-8 Telecom dengan Hepi, Indosat lewat StarOne dan Bakrie Telecom (BTEL) dengan Esia, akan bisa dipakai secara nasional.

Meskipun belum jelas juntrungannya, kabarnya Kemkominfo akan segera memberlakukan skema ini melalui unified access licensing (UAL). Nantinya tidak ada lagi beda antara FWA (fixed wireless access)nya CDMA dengan seluler-nya GSM.

Seperti yang sekarang ini terjadi, lisensi FWA untuk CDMA ini dibatasi oleh wilayah layanan. Dan FWA mensiasati dengan skema mereka seperti Flexi dengan Combo-nya atau Esia dengan Gogo-nya.

"Sayangnya, ini aturan banci karena CDMA memiliki teknologi yang sama yang memungkinkan mereka untuk seluler tapi dibatasi regulasi,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) Kamilov Sagala.

Jika dipandang regulasi ini akan membawa tarif seluler menjadi turun, sepertinya sulit terjadi. Malah bisa jadi nantinya para operator akan melakukan kompromi dan mencari garis tengah. Bagaimanapun penetapan tarif dipengaruhi oleh harga sewa bandwidth.

Yang jelas, apapun yang terjadi mau FWA dibikin seluler ataupun GSM akan menurunkan tarif, yang jelas kualitas layanan seluler para operator seharusnya tidak menjadi tumbal.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 The Entertainer. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Blogger Templates by Miss Dothy